Jumat, 25 Oktober 2013

BELAJAR TENTANG KETIDAK TERATURAN MENSTRUASI ATAU SINDROM OVARIUM POLIKISTIK (PCOS)


Berikut merupakan kutipan ilmiah online digunakan sebagai referensi pribadi


Mencoba untuk hamil namun belum berhasil? Anda mungkin makan sarapan yang salah. Nah, mengonsumsi sekitar setengah dari kalori harian Anda di pagi hari ternyata dapat meningkatkan kesuburan Anda lho. Hal ini ditunjukkan pada penelitian baru yang diterbitkan dalam Clinical Science.

Dilansir Women's Health, Sabtu (26/10/2013), dengan mempelajari wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS), peneliti dari dua universitas di Israel mampu mengetahui bagaimana waktu makan dan ukuran dapat memanipulasi kadar hormon.

PCOS adalah gangguan yang meningkatkan jumlah hormon seks pria yang beredar dalam darah wanita dan menyebabkan ketidakberaturan menstruasi yang dapat membuat sulit bagi seorang wanita untuk hamil.

Eman puluh wanita dengan PCOS, yang secara fisik sehat, dibagi menjadi dua kelompok. Asupan kalori harian untuk kedua kelompok yang ditetapkan sebesar 1.800. Setengah dari wanita mengonsumsi makanan sekitar 980 kalori selama sarapan, sementara separuh lainnya memakan jumlah kalori tersebut selama makan malam.

Dibandingkan dengan mereka yang makan di malam hari, para peserta yang tidak makan pagi mendapatkan penurunan 50 persen kadar testosteron setelah 12 minggu. Sedangkan mereka yang sarapan tingkat hormon reproduksinya melonjak hingga 150 persen, dan hampir setengah dari perserta perempuan mulai berovulasi pada akhir periode penelitian. Dibandingkan dengan hanya 20 persen dari kelompok yang melakukan makan malam.

"Makan pagi lebih banyak memang ada dapat dikaitkan dengan manfaat kesehatan seperti menurunkan berat badan, megtabolisme yang kuat, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Dan peningkatan dalam sensitivitas insulin ini mungkin menjelaskan penurunan hormon pria antara penderita PCOS," kata penulis studi Oren Froy , Ph.D., dari The Hebrew University of Jerusalem.

Bahkan jika Anda tidak mengalami ketidakseimbangan hormon yang berhubungan dengan PCOS, makanan Anda di pagi hari akan meningkatkan kesuburan. Jadi cobalah untuk mengonsumsi kira-kira setengah dari total asupan kalori harian Anda saat harapan. Pilih makanan yang tinggi protein dan karbohidrat untuk energi lebih baik dan kesuburan sepanjang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar