Sabtu, 06 Juli 2013

BELAJAR TENTANG GEMPA BUMI

Private Library of Simamora, Helmut Todo Tua
Environment, Research and Development Agency
Samosir Regency Government of North Sumatera Province
INDONESIA



Berikut merupakan kutipan ilmiah yang bermanfaat sehingga digunakan Penulis sebagai referensi pribadi.


BELAJAR TENTANG GEMPA BUMI

Gempa bumi dapat direkam oleh seismometer hingga jarak yang jauh, karena gelombang seismik perjalanan melalui interior seluruh bumi. Besarnya mutlak gempa secara konvensional dilaporkan oleh angka pada skala besarnya Momen (sebelumnya skala Richter, berkekuatan 7 menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas), sedangkan besarnya merasa dilaporkan menggunakan dimodifikasi skala intensitas Mercalli (intensitas II-XII).
Setiap tremor memproduksi berbagai jenis gelombang seismik, yang melakukan perjalanan melalui batu dengan kecepatan yang berbeda:
Longitudinal P-gelombang (gelombang kejut-atau tekanan)
Transverse S-gelombang (gelombang kedua tubuh)
Gelombang permukaan - (gelombang Rayleigh dan Cinta)
Kecepatan propagasi gelombang seismik berkisar dari kira-kira. 3 km / s sampai 13 km / s, tergantung pada kepadatan dan elastisitas medium. Dalam interior bumi gelombang kejut-P atau perjalanan jauh lebih cepat daripada gelombang S (sekitar hubungan 1,7: 1). Perbedaan waktu tempuh dari pusat gempa ke observatorium adalah ukuran jarak dan dapat digunakan untuk gambar kedua sumber gempa dan struktur dalam bumi. Juga kedalaman hiposenter dapat dihitung secara kasar.
Dalam batuan padat P-gelombang perjalanan sekitar 6 sampai 7 km per detik, kecepatan meningkat dalam mantel yang dalam ke ~ 13 km / s. Kecepatan berkisar S-gelombang 2-3 km / s dalam sedimen ringan dan km / s 4-5 dalam kerak bumi hingga 7 km / s dalam mantel yang dalam. Akibatnya, gelombang pertama dari gempa jauh tiba di sebuah observatorium melalui mantel bumi.
Rata-rata, jarak kilometer gempa adalah jumlah detik antara gelombang P dan S kali 8. [44] Sedikit penyimpangan disebabkan oleh inhomogeneities struktur bawah permukaan. Dengan analisis tersebut seismogram inti bumi terletak pada tahun 1913 oleh Beno Gutenberg.
Gempa bumi tidak hanya dikategorikan berdasarkan besarnya mereka, tetapi juga oleh tempat di mana mereka terjadi. Dunia dibagi menjadi 754 Flinn-Engdahl wilayah (daerah FE), yang didasarkan pada batas-batas politik dan geografis serta aktivitas seismik. Zona lebih aktif dibagi menjadi FE daerah yang lebih kecil sedangkan zona kurang aktif milik FE daerah yang lebih besar.
Pelaporan Standar gempa bumi meliputi besarnya, tanggal dan waktu kejadian, koordinat geografis dari pusat gempa, kedalaman pusat gempa, wilayah geografis, jarak ke pusat-pusat penduduk, ketidakpastian lokasi, sejumlah parameter yang disertakan dalam laporan USGS gempa (jumlah Stasiun pelaporan, jumlah observasi, dll), dan ID peristiwa unik. [45]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar