Classic Clock

Sabtu, 10 Agustus 2013

BELAJAR TENTANG ROKOK

Kebanyakan orang mengasosiasikan merokok dengan masalah pernapasan dan kanker paru-paru. Tapi tahukah Anda bahwa merokok juga merupakan penyebab utama penyakit jantung untuk pria dan wanita?

Hampir 20% dari semua kematian akibat penyakit jantung di AS secara langsung berhubungan dengan merokok. Itu karena merokok merupakan penyebab utama penyakit arteri koroner.

Risiko seseorang dari penyakit jantung dan serangan jantung sangat meningkat dengan jumlah rokok yang ia merokok. Orang yang merokok memiliki kesempatan dua sampai empat kali lebih tinggi mengalami penyakit jantung. Dan perokok terus meningkatkan risiko serangan jantung semakin lama mereka merokok. Wanita yang merokok dan juga minum pil KB meningkat beberapa kali risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah perifer.

Asap rokok tidak hanya mempengaruhi perokok. Ketika Anda merokok, orang-orang di sekitar Anda juga beresiko terkena masalah kesehatan, terutama anak-anak. Asap tembakau lingkungan (juga disebut asap pasif atau perokok pasif) mempengaruhi orang-orang yang sering di sekitar perokok. Asap rokok dapat menyebabkan kondisi pernafasan kronis, kanker, dan penyakit jantung. Diperkirakan bahwa hampir 70.000 perokok meninggal karena penyakit jantung setiap tahun sebagai akibat dari paparan asap tembakau lingkungan.
Bagaimana Merokok Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung?

Kehadiran nikotin dalam asap menyebabkan penyakit jantung dengan:

Penurunan oksigen ke jantung.
Peningkatan tekanan darah dan denyut jantung.
Meningkatkan pembekuan darah.
Merusak sel-sel yang melapisi arteri koroner dan pembuluh darah lainnya.
Bagaimana Cara Berhenti Merokok Jadilah Bermanfaat?

Sekarang Anda tahu bagaimana merokok dapat membahayakan kesehatan Anda dan kesehatan orang di sekitar Anda, berikut adalah beberapa cara berhenti dapat membantu. Jika Anda berhenti merokok, Anda akan:

Memperpanjang hidup Anda.
Mengurangi risiko penyakit (termasuk penyakit jantung, serangan jantung, tekanan darah tinggi, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, paru-paru, borok, penyakit gusi, dan kondisi lainnya).
Merasa lebih sehat. Setelah berhenti, Anda tidak akan batuk sebanyak dan Anda akan meningkatkan stamina Anda.
Terlihat lebih baik. Berhenti dapat membantu Anda mencegah wajah keriput, menyingkirkan gigi bernoda, dan memperbaiki kulit Anda.
Meningkatkan indera perasa dan penciuman.
Menghemat uang.
Cara Berhenti Merokok

Tidak ada satu cara untuk berhenti merokok yang bekerja untuk semua orang. Untuk berhenti, Anda harus siap baik secara emosional dan mental. Anda juga harus ingin berhenti merokok untuk diri sendiri dan bukan untuk menyenangkan teman atau keluarga. Ini membantu untuk merencanakan ke depan. Panduan ini dapat membantu Anda memulai.

Apa yang Harus Saya Lakukan Pertama Berhenti Merokok?

Pilih tanggal untuk berhenti merokok dan kemudian menaatinya.

Tuliskan alasan Anda untuk berhenti merokok. Baca di atas daftar setiap hari, sebelum dan sesudah Anda berhenti. Berikut adalah beberapa tips untuk berpikir tentang.

Tuliskan ketika Anda merokok, mengapa Anda merokok, dan apa yang Anda lakukan ketika Anda merokok. Anda akan belajar apa yang memicu Anda untuk merokok.
Berhenti merokok dalam situasi tertentu (seperti saat putus kerja atau setelah makan malam) sebelum benar-benar berhenti.
Buatlah daftar kegiatan yang dapat Anda lakukan bukan merokok. Bersiaplah untuk melakukan sesuatu yang lain ketika Anda ingin merokok.
Tanyakan kepada dokter Anda tentang obat atau tentang penggunaan permen karet nikotin atau patch. Beberapa orang menemukan alat ini membantu.
Bergabunglah dengan berhenti merokok mendukung grup atau program. Hubungi bab lokal Anda dari American Lung Association.
Bagaimana saya dapat Hindari Merokok Lagi?

Jangan membawa lebih ringan, korek api, atau rokok. Jauhkan semua ini pengingat merokok keluar dari pandangan.
Jika Anda tinggal dengan perokok, minta orang tersebut untuk tidak merokok di hadapan Anda, atau lebih baik lagi, untuk berhenti dengan Anda.
Jangan fokus pada apa yang Anda hilang. Pikirkan tentang cara hidup sehat Anda mendapatkan.
Ketika Anda mendapatkan dorongan untuk merokok, mengambil napas dalam-dalam. Tahan hingga 10 detik dan melepaskannya perlahan-lahan. Ulangi ini beberapa kali sampai keinginan untuk merokok hilang.
Jauhkan tangan Anda sibuk. Doodle, bermain dengan pensil atau jerami, atau bekerja pada komputer.
Ubah kegiatan yang terhubung ke merokok. Berjalan-jalan atau membaca buku daripada mengambil istirahat rokok.
Ketika Anda bisa, menghindari tempat-tempat, orang, dan situasi yang berhubungan dengan merokok. Bergaul dengan bukan perokok atau pergi ke tempat-tempat yang tidak memungkinkan merokok, seperti toko film, museum, atau perpustakaan.
Jangan mengganti makanan atau produk gula berbasis untuk merokok. Makan rendah kalori, makanan sehat (seperti wortel atau batang seledri, permen keras bebas gula) atau mengunyah permen karet ketika dorongan untuk merokok pemogokan sehingga Anda dapat menghindari kenaikan berat badan.
Minum banyak cairan, namun membatasi minuman beralkohol dan berkafein. Mereka dapat memicu dorongan untuk merokok.
Latihan. Berolahraga akan membantu Anda bersantai.
Dapatkan dukungan untuk berhenti merokok. Beritahu orang lain tentang tonggak Anda dengan bangga.
Bekerja dengan dokter Anda untuk mengembangkan rencana menggunakan over-the-counter bantu pengganti nikotin atau obat resep.


Bagaimana Saya Akan Merasa Ketika saya Berhenti Merokok?

Anda mungkin menginginkan rokok, mudah tersinggung, merasa sangat lapar, batuk sering, sakit kepala, atau mengalami kesulitan berkonsentrasi. Gejala-gejala penarikan terjadi karena tubuh Anda digunakan untuk nikotin, zat adiktif aktif di dalam rokok.

Ketika gejala penarikan terjadi dalam dua minggu pertama setelah berhenti, tetap dalam kontrol. Pikirkan tentang alasan Anda untuk berhenti merokok. Ingatkan diri Anda bahwa ini adalah tanda-tanda bahwa tubuh Anda penyembuhan dan membiasakan diri hidup tanpa rokok.

Gejala penarikan hanya sementara. Mereka kuat ketika Anda pertama berhenti tetapi biasanya akan hilang dalam waktu 10 sampai 14 hari. Ingat bahwa gejala penarikan lebih mudah untuk mengobati daripada penyakit utama - seperti penyakit jantung dan kanker paru-paru - merokok yang dapat menyebabkan.

Anda mungkin masih memiliki keinginan untuk merokok, karena ada asosiasi yang kuat banyak dengan merokok. Orang mungkin mengasosiasikan merokok dengan situasi tertentu, dengan berbagai emosi atau dengan orang-orang tertentu dalam kehidupan mereka. Cara terbaik untuk mengatasi asosiasi ini adalah untuk mengalami mereka tanpa merokok. Jika Anda kambuh tidak kehilangan harapan. Tujuh puluh lima persen dari mereka yang berhenti merokok lagi. Kebanyakan perokok berhenti tiga kali sebelum mereka sukses. Jika Anda kambuh, jangan menyerah! Rencana ke depan dan berpikir tentang apa yang akan Anda lakukan saat Anda mendapatkan dorongan untuk merokok.
Kabar baiknya adalah bahwa setelah satu atau dua tahun tidak merokok risiko penyakit jantung sangat berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar