Kamis, 13 Juni 2013

FAKTOR YANG BISA MEMPENGARUHI KONDISI BAU BADAN PADA ANAK




Faktor yang bisa mempengaruhi kondisi bau badan pada anak. Bau badan umumnya berasal dari sekresi zat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat jenis apokrin yang terdapat di permukaan kulit ketiak, sekitar alat kelamin, belakang telinga, dan sekitar mata. Bau badan khas seseorang juga tergantung dari bakteri atau flora normal yang terdapat pada permukaan kulit. Bau badan dianggap signifikan secara medis apabila bau badan tersebut sudah mengganggu kehidupan dan menurunkan kualitas hidup sosial orang yang bersangkutan secara terus menerus.

Pada usia 8-14 tahun (masa pubertas) memang biasanya bau keringat seseorang akan berubah menjadi lebih bau, akibat dari bertambahnya kelenjar keringat jenis apoeccrine di permukaan kulit. 

Dari segi makanan, hindarilah pemakaian bumbu makanan jenis bawang putih, bawang merah dan  bumbu kari secara berlebihan,  karena hal ini juga akan dapat mempengaruhi kondisi bau badannya. Gunakanlah pakaian yang berbahan dasar katun atau kapas sehingga dapat lebih menyerap keringat.

Deodoran aman dipakai untuk anak Anda yang berusia 7 tahun, tidak ada masalah dengan pemakaian deodoran untuk usia itu. Selain itu, ibu juga dapat mengurangi bau badannya dengan pemakaian anti-perspirant (zat pencegah sekresi keringat yang berlebihan) yang mengandung garam alumunium.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar