Senin, 27 Mei 2013

BELAJAR TENTANG FAKTOR RISIKO KESEHATAN PADA WANITA BERUSIA DI ATAS 40 TAHUN

Perempuan berusia 40 dan 50 tahun, yang menderita depresi hampir dua kali lebih mungkin untuk mengalami stroke sebagai perempuan yang tidak depresi, menurut sebuah studi, besar lama berjalan Australia.

Ini bukan penelitian pertama yang menghubungkan depresi dengan peningkatan risiko stroke, baik pada pria maupun wanita. Persis bagaimana depresi berhubungan dengan stroke tidak jelas, seperti apakah mengobati mengurangi risiko, para ahli mengatakan.

"Meskipun risiko absolut stroke rendah pada wanita pertengahan usia, depresi tidak muncul untuk memiliki efek buruk yang besar terhadap risiko stroke pada kelompok usia ini," kata pemimpin peneliti Caroline Jackson, seorang ahli epidemiologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat di Universitas Queensland.

"Temuan kami, bagaimanapun, menunjukkan depresi yang mungkin menjadi faktor risiko yang kuat untuk stroke pada wanita pertengahan usia dari yang diperkirakan sebelumnya," katanya.

Meskipun bukti-bukti pada depresi dan risiko stroke, depresi umumnya tidak termasuk dalam pedoman untuk pencegahan stroke primer, yang tampaknya menjadi sebuah kelalaian penting yang harus ditangani, Jackson mencatat.

Laporan ini diterbitkan 16 Mei dalam jurnal Stroke.

Seorang pakar mengatakan temuan ini terbaru menambah tumpukan bukti-bukti pada link.

"Ini studi besar di kalangan wanita Australia menambah bukti lebih lanjut mendukung hubungan antara depresi dan risiko stroke," kata Dr Ralph Sacco, ketua neurologi di University of Miami Miller School of Medicine.

Penelitian lain juga menunjukkan efek depresi terhadap risiko stroke, ia menambahkan. "Meskipun kita tidak jelas tentang mekanisme, depresi sering dan harus lebih mudah dikenali dan diobati dengan tepat," kata Sacco.

Untuk melihat berapa banyak depresi mempengaruhi risiko stroke, Jackson dan rekannya Gita Mishra, seorang profesor epidemiologi saja kehidupan di University of Queensland, mengumpulkan data lebih dari 10.000 wanita berusia 47-52 yang mengambil bagian dalam studi longitudinal Australia Kesehatan Wanita.

Perempuan dalam survei menjawab pertanyaan tentang kesehatan baik fisik dan mental setiap tiga tahun 1998-2010.

Di antara wanita-wanita, sekitar 24 persen mengatakan mereka menderita depresi. Selama masa studi 177 perempuan mengalami stroke untuk pertama kalinya.

Analisis oleh Jackson dan Mishra menemukan wanita depresi adalah 2,4 kali lebih mungkin untuk mengalami stroke daripada wanita yang tidak depresi.

Setelah menghilangkan beberapa faktor lain yang meningkatkan risiko stroke, wanita depresi masih adalah 1,9 kali lebih mungkin untuk mengalami stroke, dibandingkan dengan wanita yang tidak depresi, mereka menemukan.

Faktor risiko meliputi: usia, status sosial ekonomi, kebiasaan gaya hidup seperti merokok, alkohol dan aktivitas fisik, dan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kelebihan berat badan dan diabetes.



Sumber : MD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar